Friday, 5 January 2018

Liburan di Kampung Inggris Pare Kediri

Untuk mengetahui Jalur Perjalanan saya, baca selengkapnya artikel dibawah ini.

Tasikmalaya - Kediri
Kediri - Bandung

Seminggu lebih saya menghabiskan liburan kantor, pada akhir Desember tahun 2017, tepatnya periode 23 Desember 2017 - 01 Januari 2018, lalu saya merencanakan hari libur untuk belajar di Kampung Inggris Pare, Kediri, Jawa Timur.

Bagi yang ingin mencoba belajar disana, cobalah untuk menambahkan kontak "Kampung Inggris" di aplikasi chat "LINE" kalian.

Berbagai informasi mengenai Course di Kampung Inggris akan Anda dapatkan setelah Anda mengikuti LINE "Kampung Inggris".

Course atau Lembaga di Kampung Inggris sangat beragam, ada lembaga seperti Brilliant, LC, Global English dll. Anda bebas mengikuti salah satunya yang sesuai dengan kebutuhan dan deadline waktu Anda.

Sebelum menuju Kampung Inggris di Pare, Kediri -  Jawa Timur, saya menyempatkan liburan di Kota Yogyakarta, seperti yang Anda lihat artikel sebelumnya mengenai destinasi hotel dan "Wisata di Yogyakarta".

1. BIAYA DAN JARAK TEMPUH PERJALANAN

Awal perjalanan saya, dimulai dari Kota Tasikmalaya dengan menggunakan Bus Budiman jurusan Tasikmalaya - Yogyakarta, tetapi untuk menggunakan bus ini, Anda harus memesan tiket di loket Terminal dan memilih posisi kursi yang Anda duduki selama perjalanan dari Tasikmalaya ke Yogyakarta yang menghabiskan rata-rata 9 Jam perjananan dengan tarif Rp. 96.000.

Setelah sampai di terminal Giwangan Yogyakarta, kemudian saya memilih Bhumi Hostel untuk tempat istirahat, dengan tarif inap dibawah Rp. 90.000.

Saya melanjutkan perjalanan dari Yogyakarta ke Kota Kediri dengan menggunakan Bus jurusan Yogyakarta - Surabaya untuk sampai di Kota Kediri, tentunya dengan tarif Rp.114.000 sudah mendapatkan makan gratis satu porsi menu sederhana, lalu saya turun di Jombang (bukan area terminal), lalu naik becak ke jalan K.H. Hasyim Asyari-Jombang dengan tarif becak sebesar Rp. 20.000, kemudian saya naik Mobil Elf dengan tarif Rp. 15.000 untuk sampai di Kampung Pare.

Setelah sampai di Kampung Inggris Pare, Anda dapat menggunakan jasa becak untuk sampai tujuan lembaga yang Anda pilih dengan tarif Rp. 15.000 - Rp. 20.000.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Kota Bandung, Anda bisa naik bus Budiman, dengan jurusan Bandung - Kediri (turun di Terimal Tamanan).

2. BIAYA HIDUP DI KAMPUNG INGGRIS

Biaya Makan
Biaya hidup di Jawa Timur terkenal dengan aneka jajanan dengan harga terjangkau, berikut daftar harga yang saya peroleh:
1. Nasi Kuning Rp. 3.000
2. Nasi Pecel Rp. 4.000
3. Bubur Ayam Rp. 5.000
4. Nasi Ayam Penyet Rp. 7.500
5. Nasi Ayam Goreng Rp. 9.000 (saat malam hari)
6. Nasi + Ikan Gurame Rp. 18.000
7. Nasi + Sayuran + Ayam Rp. 13.000
8. Lemon Tea Rp. 6.000
9. Pizza Rp. 115.000 (Rojes Cafe)

Biaya Kos
Saya mengikuti paket camp sehingga tidak mengetahui biaya kos, tetapi apabila di tempat kos saya ingin menambah tinggal 1 hari, maka biayanya Rp. 25.000 per hari.

Biaya Laundry
Biaya Laundry cukup murah, dan hasilnya bagus menurut saya, hanya dengan harga Rp. 4.500 per kilogram.

Biaya Sewa Sepeda
Saya membaginya, karena ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih:

1 Minggu
Rp. 30.000 - Rp. 70.000
Tergantung dari sepeda apa yang Anda pilih, jika memilih sepeda standar, maka Anda akan mendapatkan harga mulai Rp. 30.000, tetapi jika Anda memilih sepeda yang bagus seperti sepeda pixy, maka Anda perlu merogoh kocek mulai dari Rp. 60.000

2 Minggu
Rp. 50.000 - Rp. 80.000
Sepeda Pixy

1 Bulan
Rp. 70.000 - Rp. 100.000
Mulai dari sepeda biasa sampai dengan sepeda Pixy.

Biaya Photo 1 Kelas
Untuk biaya photo, di Jl. Brawijaya Pare mulai dengan harga Rp. 15.000 per orang, Anda bisa bersuka ria dengan teman satu kelas Anda untuk Photo Bareng.

3. ATM TERDEKAT
Di sebelah Timur Kampung Inggris, Anda akan menemukan ATM BRI dan Mandiri di Jl. Brawijaya.

4. BIAYA TRANSPORTASI
Berikut rincian biaya transportasi:

Pertama, Sewa Motor 3 jam Rp. 30.000.

Kedua, Gojek, untuk sampai ke terminal atau ke stasiun, Anda perlu 2 kali naik Gojek, sebagai gambaran biaya dari Kampung Pare ke Mesjid Agung Rp. 35.000, lalu dari Mesjid Agung ke Terminal Tamanan Kediri Rp.12.000.

Ketiga, GoCar, untuk biaya GoCar dari kampung Kediri Sampai Terminal Rp. 84.000.

Keempat, Bus Lorena (Kediri - Bandung) Rp. 250.000 (jika Anda membelinya di PO Lorena), atau Rp. 285.000 (jika Anda membelinya di Agen di Terminal Tamanan), dengan waktu perjalanan 19 Jam jika di hari libur.

Kelima, Kereta Kahuripan Ekonomi (Kediri - Tasikmalaya) Rp. 84.000, Kereta Malabar Ekonomi (Bandung - Kediri) Rp. 185.000, pesanlah tiket1 bulan sebelum keberangkatan.

Keenam, bandara terdekat di Jawa Timur berada di Surabaya. Jarak tempuh dari Kediri - Surabaya sekitar 3 jam. Harga tiket pesawat seperti Lion Air, Air Asia & Citilink Rp. 441.500 - 480.000 (hari biasa) dan Rp. 656.000 - 711.000 (hari-hari liburan).

5. HIERARKI KELAS
Anda perlu melalui interview untuk penentuan penempatan kelas mana yang akan Anda ikuti, Tutor dari course tersebut yang nantinya akan menentukan.

Tidak perlu khawatir dengan teman sekelas Anda lainnya, karena mereka pun telah melalui intetview terlebih dahulu, sehingga teman sekelas Anda memiliki skill yang tidak terpaut jauh dengan Anda.

Terdapat 3 Hierarki Kelas
1. Kelas Basic
Kelas Basic dibagi 2, ada yang memang basic sekali (biasanya diisi oleh anak-anak SD dan SMP, kemudian ada kelas Basic 2, diisi kalangan SMP - Pekerja. Pelajaran menggunakan bahasa Indonesia.

2. Kelas Intermediate
Biasaya Diisi oleh kalangan SMA - Pekerja, terkadang Anda akan menemukan orang tua dikelas ini. Tutor akan menawarkan, apakah akan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

3. Kelas Advance
Tutor akan menggunakan 100% bahasa inggris dalam mengajar.

Pakaian yang dikenakan oleh para pelajar di Kampung Pare adalah sebagai berikut:

1. Kaos lengan pendek & Celana panjang (jeans/ katun)
2. Baju Batik
Kadang, ada lembaga yang mengharuskan untuk memakai batik di hari jumat, biasanya batik lengan pendek. Apabila Anda tidak membawa, Anda dapat membelinya di sekitar tempat course.
3. Baju Lurik
Ada lembaga yang memang mengharuskan untuk memakai baju lurik di hari Senin. Anda dapat melihat contoh baju lurik di instagram saya donny_zacky. Disekitar tempat Course ada yang menjual baju lurik mulai harga Rp. 50.000.
4. Baju Koko/ Baju Taqwa
Pada beberapa lembaga sering mengadakan religius meeting saat malam hari. Ada baiknya jika Anda membawa Baju koko atau baju taqwa.

Pakaian diatas biasanya akan diberitahukan lebih lanjut oleh lembaga yang akan Anda ikuti.

5. PENDAFTARAN

Biaya untuk mengikuti kelas di Kampung Inggris adalah Rp. 450.000 - Rp. 750.000 (1 minggu) , Rp.650.000 - Rp. 750.000 (2 minggu), Rp. 1.000.000 - Rp. 1.500.000 (1 bulan).

Harga diatas tergantung Anda, apakah akan memilih kos sendiri atau mengikuti camp yang disediakan oleh lembaga, tetapi jika tinggal di kos, Anda hanya mendapatkan fasilitas apa adanya.

Pendaftaran dapat diajukan secara online atau on the spot. Untuk mengetahui sisa kuota yang tersedia, Anda perlu melakukan pendaftaran online. Anda dapat bertanya seputar pendaftaran melalui Aplikasi LINE "Kampung Inggris". Anda akan diberikan link website untuk pendaftaran, dan nantinya Anda harus membayar setengahnya, lalu sisanya dibayarkan saat Anda sampai di Kampung Inggris.

Perubahan Jadwal
Untuk Anda yang telah mendaftar online, tetapi Anda ingin mengganti jadwal Anda berkunjung ke Kampung Inggris dapat dilakukan dengan menghubungi ke nomor hanphone yang tertera pada email yang Anda terima dari Kampung Inggris setelah melakukan registrasi online.

Koneksi Internet di Kampung Inggris Pare
Koneksi internet di Kampung Inggris sedikit lambat. Anda dapat memilih provider seperti Indosat dan XL untuk koneksi yang lebih baik, jangan mengharapkan koneksi dengan kecepatan tinggi seperti di kota-kota besar.

Equipment yang perlu dibawa
1. Kamera, banyak destinasi bagus untuk mengambil photo disana.
2. Terminal stop kontak dengan kabel panjang
3. KTP / SIM (untuk jaminan sepeda/ sepeda motor)
4. Alat tulis, pulpen, pensil, penghapus dan lem kertas

Sedikit Kesan Tentang Kampung Inggris Pare
"Anda akan menemukan begitu banyak tempat jajanan dan cafe di Kampung Inggris Pare, tempat nongkrong asik bareng teman, tapi jangan sendirian ya"

Hal-hal diatas tentunya hasil pengalaman yang saya dapatkan selama berkunjung ke Kampung Inggris.

Baca selengkapnya artikel menarik tentang travel di kota-kota lainnya.

Salam hangat,
Donny Zp

Artikel Terkait

Liburan di Kampung Inggris Pare Kediri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email