Monday, 15 January 2018

Indahnya Pantai Sawarna

Hai Traveller,

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman travelling saya ke pantai Sawarna. Pantai yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak - Banten.

Pantai Sawarna dapat anda tempuh melalui pilihan beberapa jalur darat :

1. Jalur Sukabumi Kota (Jalur yang saya tempuh),  dari pusat kota Sukabumi traveller dapat menuju Jalan Pelabuhan Sukabumi dan akan sampai ke pelabuhan Pelabuhan Ratu, selama perjalanan dari pelabuhan ratu ke Sawarna, traveller akan melewati beberapa titik pesisir pantai. Walaupun keadaan jalan tidak terlalu besar serta adanya beberapa kondisi jalan yang kurang baik, tapi secara keseluruhan perjalanan cukup nyaman dari titik ini. jarak yang ditempuh total dari kota sukabumi berjarak 112 KM.

2. Jalur Kabupaten Sukabumi (Cibadak), Jika anda berangkat dari arah Jakarta anda dapat menempuh jalur ini, dengan Rute Jakarta, Bogor, Ciawi, Cibadak dan mengarah ke pelabuhan ratu. Jarak dari Cibadak ke Sawarna adalah sekitar 111KM dengan kondisi jalan yang lumayan Baik.

3. Jalur Anyer, anda dapat melewati jalur Anyer melalui dari Jakarta dengan melewati rute Tol Merak dan keluar di Cilegon dan mengarah ke pandeglang Banten. Jarak Tempuh dari Jakarta menuju sawarna adalah sekitar 223 KM. Kondisi Jalan cukup luas dan baik setelah anda keluar Tol Cilegon.

Kondisi di Sawarna, terlihat sepi di Hari biasa, sedikit sekali pengunjung yang datang sehingga pantai terasa seperti pantai Pribadi. Pasir Pantai yang putih dan ombak sawarna cukup bersahabat untuk berenang, namun perlu dicatat kalau Penjaga Pantai tidak berjaga di hari biasa, mereka hanya bertugas saat week end ketika pengunjung cukup banyak  yang datang.

Kalau kita berjalan agak ke selatan dari arah pasir putih menuju salah satu ikon wisata di sawarna, yaitu Batu Layar, Kita akan menyusuri Air laut yang masih bersih serta ikan-ikan hias kecil dan umang-umang (keong laut ) yang dapat dilihat dari pinggir pantai dan sangat memungkinkan untuk diambil menggunakan saringan ikan membuat aktivitas berjalan menyusuri pinggir pantai menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan.

Ada beberapa Objek terkenal yang dapat traveller kunjungi di Sawarna, diantaranya yang terkenal adalah; Pantai Pasir Putih, Batu Layar, Legon pari, Karang Taraje, Goa Lalay. Jika Traveller memiliki waktu yang agak seggang, maka traveller dapat menjeljahi tempat-tempat tersebut dengan berjalan kaki menyusuri Bukit dan Pinggir Pantai tapi hal tersebut tidak dapat dilakukan sehari saja..disarankan minimal 3 hari untuk dapat menjelajahi semua tempat tersebut.

Makanan di Sawarna cukup banyak, jadi tidak perlu khawatir karena di beberapa Titik Pesisir Pantai banyak warung nasi yang menjual makanan berat dengan harga yang relatif murah dan juga jika Traveller ingin Bakar Ikan segar  traveller dapat membeli dari para nelayan yang baru pulang dari laut (biasanya datang di Pagi hari antara pukul 08.00 - 11.00 Pagi) . Kekurangan yang saya lihat di Sawarna adalah akses jalan menuju pantai yang cukup jauh yang hanya bisa diakses dengan jalan Kaki karena belum ada Jembatan untuk kendaraan Roda empat  (pantai terpisah oleh Sungai Muara yang cukup Lebar) ditambah permasalahan klasik berupa sampah yang berserakan di beberapa titik yang ditinggalkan oleh para pengunjung mengakibatkan keindahan sedikit berkurang dengan sampah yang beserakan di beberapa titik..

selamat berwisata...cheers



untuk resolusi Video yang lebih baik bisa akses Youtube Pantai Sawarna






Artikel Terkait

Indahnya Pantai Sawarna
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

15 June 2018 at 03:52 Delete

wah, jadi pengen ke pantai sawarna. pasti indah banget ya

Reply
avatar