Saturday, 23 December 2017

Hotel Backpacker di Kota Yogyakarta

Setelah review Hotel, tempat wisata dan tempat makan enak dan murah di kota Bandung dan Kota Tasikmalaya, kali ini saya pergi jauh ke kota Yogyakarta, kotanya budaya atau biasa disebut kota kebudayaan.

Hotel ini tidak sengaja saya temukan ketika mendapati hotel tujuan yang saya inginkan menaikan harga 2 kali lipat, dan membuat saya kecewa.

Kekecewaan saya terbayarkan ketika saya mencarinya melalui Booking dot com dan mendapatkan hotel yang sesuai budget saya, karena lokasi hotel tidak besebrangan jauh dengan Mailoboro tujuan saya mencari barang yang dicari, dan nyatanya saya mendapatkan lokasi wisata lainnya seperti museum militer dan pemerintahan Yogyarta dan keraton Yogyakarta.

Nama hotel kali ini adalah Bhumi Hostel, hanya dengan Rp. 75.000 (harga promo), Rp. 100.000 (penghuni mix), Rp. 120.000 (harga standar) Anda membayar untuk 1 malam (checkin jam 2 siang) lalu bagaimana apabila Anda datang sebelum jam 2 siang?

Anda hanya perlu menambahkan Rp. 20.000 untuk extend. Saya berangkat dari Kota Tasikmalaya jam 20.30 menaiki bus terakhir Budiman ke lokasi Kota Yogyakarta, dan sampai sekitar pukul 06.00 di Kota Yogyakarta. Hal ini membuat Anda bingung untuk tinggal dilokasi yang tepat, sehingga Anda bisa istirahat sebelum memulai wisata Anda di Kota Yogyakarta.

Perihal tentang hotel ini perlu Anda ketahui sebagai referensi agar para backpacker dan travelers tidak tersesat dan bingung bagaimana memulai traveling.

1. Hotel dapat di booking di Booking dot com, dengan nama Bhumi Hostel, dan agar harga lebih murah dibandingkan memesan hotel on the spot.

2. Hotel menyediakan selimut, handuk, bantal, AC didalam kamar, loker setinggi 40 cm ke 25 cm, didalam 1 kamar terdapat 6 kamar tidur.

3. 4 kamar mandi dengan sistem sharing, dan 3 toilet, dan disediakan 2 westafel dan 2 cermin. Untuk kelengkapan toiletnya hanya sabun mandi, sehingga Anda perlu membawa shampo, odol dan sikat gigi.

4. Biaya 1 kali menggunakan mesin cuci Rp. 50.000, biasanya masing-masing penghuni saling komunikasi agar dicuci bersamaan, tetapi jika menyuci sendiri dengan tangan, Anda tidak perlu membayar, alias gratis.

5. Hotel menyediakan fasilitas lainnya seperti wifi, alat makan seperti piring, gelas, kulkas, microwave, dispenser dan air minum, kopi, teh, gula secara gratis, tetapi peraturan hotel mengharuskan agar Anda mencuci kembali piring dan gelas yang Anda pakai.

6. Hotel memiliki peraturan jam tenang antara jam 12 malam sampai jam 8 pagi, sehingga Anda tidak boleh berisik dan mengganggu istirahat penghuni hotel lainnya.

7. Hotel menyediakan tempat fitness sederhana. Bagi Anda yang masih membuat suara yang mengganggu, Anda dapat memakai tempat ini, karena pihak hotel membolehkan hal tersebut.

8. Tempat sampah dibagi 2, antara organik dan non organik, tetapi bagi sampah organik, Anda perlu memperhatikan beberapa peraturannya.

9. Hotel menyediakan fasilitas sarapan pagi gratis, dan hotel juga berkenan menyediakan makan malam bagi Anda, tentunya dengan memesannya di kantin pribadi hotel.

10. Hotel menyediakan mushola, tetapi request terlebih dahulu untuk pemakaian sarung, mukena dan sajadah.

11. Jajanan didekat hotel sangat beragam, seperti ayam bakar, ayam penyet, pecel, sate kambing, sate sapi sampai susu murni, tempat makan lesehan di pinggir lapangan seberang hotel.

12. Bhumi Hostel disebut juga vegetarian hotel, jadi Anda tidak akan menemukan daging disini, Anda akan mendapati beberapa penghuni juga vegetarian.

13. Anda akan menemukan begitu banyak penghuni asal bule, seperti Belanda, Australia, Spanyol, Amerika dan lain-lain.

14. Hotel menyediakan library sederhana di sebelah dapur.

15. Hotel menyediakan tempat melukis bagi yang senang melukis.

16. Anda mendapatkan House tour dari pemilik hotel.

Peraturan Hotel lainnya:
1. Sandal disimpan pada tempatnya, dan tidak dipakai di ruangan.

2. Pintu kamar dipastikan selalu tertutup, karena ada hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

3. Tidak menyimpan pakaian basah di kamar, karena hotel menyediakan tempat jemuran.

Untuk ke tempat wisata Anda bisa memakai 2 referensi transportasi :

1. Trans Jakarta untuk tujuan pasar Mailoboro, Museum militer Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur dan perambanan, untuk sampai ke halte terdekat, Anda hanya perlu berjalan 450 m dari lokasi Anda tinggal. Anda dapat bertanya arah jalan yang Anda harus lalui.

Pembayaran perjalanan menggunakan Bus Trans Yogya yaitu dengan Cash Rp. 3500 atau yang lebih murah dengan E-money Mandiri hanya dengan Rp. 2500 - Rp. 2700.

Nama halte terdekat yaitu Halte Dinas PU, dan untuk sampai lokasi wisata yang tadi telah disebutkan, Anda perlu menaiki bus type 2A dan turun di Halte Taman Pintar yang dekat dengan lokasi Mailoboro.

Untuk kembali ke hotel, anda bisa menaiki Bus di Halte Mailoboro dekat pasar Mailoboro dan turun di Halte Dinas PU.

2. Menggunakan transportasi Gojek, kebetulan di akhir tahun Gojek memberikan voucer gratis berkendara, sehingga kebetulan saya menaiki gojek dengan gratis ria.

Anda hanya perlu tag lokasi Bhumi Hostel dan tujuan pasar Mailoboro / pasar Beringharjo.

Tempat wisata
Ada 6 tempat menarik untuk Anda kunjungi, berikut ulasannya.

1. Keraton, tempat ini tutup jam 14.00 dengan harga tiket masuk Rp. 5000. Tempat ini berlokasi tepat dibelakang lokasi Pergelaran Keraton.

2. Pergelaran Keraton, di tempat ini Anda disuguhkan beberapa tempat sakral, tempat permainan perang dan Figure semua sultan dan sejarah pergelaran kebudayaan keraton. Tiket masuk Rp. 5000 dan tambahan Rp. 2000 untuk izin photo, lalu anda akan diberikan poster map oleh pengelola pergelaran keraton, hari libur tutup jam 16.00.

3. Pasar Mailoboro/ pasar Beringharjo, merupakan pasir batik yang cukup besar. Disana Anda akan mendapati beragam batik yang bagus, dan tidak Anda dapatkan ditempat lain, bukan hanya baju batik, tetapi baju tradisional seperti baju lurik pun ada. Lantai 2 pasar Beringharjo menyediakan jajanan seperti Gudeg, soto dan Ayam bakar, tentunya dengan harga miring mulai dari Rp. 11.000 seperti pesan Ayam Bakar dan Teh hangat.

4. Museum benteng Vredebug, berlokasi tepat di seberang Pergelaran Keraton. Harga tiket Rp. 2500 untuk Anak kecil, Rp. 3000 untuk dewasa dan Rp. 10.000 untuk turis asing, disini Anda akan disuguhkan Film sejarah benteng Vredebug di Ruang Pengenalan, Museum di ruang M1 dan biasanya ada pameran di ruang M3 lantai 2 dan jangan lupa untuk mengisi note tentang museum di pintu keluar museum, dan dilokasi museum juga tersedia penyewaan sepeda untuk anak-anak.

Untuk sampai lokasi diatas, anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit - 45 menit jika menggunakan bus.

5. Candi Borobudur dan candi Parambanan, jarak yang ditempuh dari hotel ke lokasi sekitar 1 jam 30 menit. Hotel menyediakan sarana hanya dengan harga Rp. 170.000 (dengan sarapan pagi) Rp. 140.000 (tanpa sarapan pagi) untuk melihat sunrise dengan jadwal keberangkatan jam 03.00 pagi, tetapi biaya tersebut hanya untuk transportasi dan makan pagi, tidak termasuk biaya masuk.

6. Gunung Merapi, sarana disediakan juga oleh hotel dengan harga Rp. 450.000 (biaya Guide, Breakfast, transportasi dan biaya parkir). Jadwal perjalanan pukul 22.00 dan sampai pukul 24.00, lalu mendaki 1 jam ke lokasi dan sampai kembali di hotel pukul 13.00.

Termakasih tetap mengikuti blgo haricerah.com. Haricerah.com memberikan referensi travel Anda lainnya untuk Anda.

Artikel Terkait

Hotel Backpacker di Kota Yogyakarta
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email