Tuesday, 24 October 2017

Cara Memilih Kamera Vlogging

Cara Memilih Kamera Vlogging
Awal mula memulai mencari kamera yang cocok tidak semudah yang dibayangkan, kadang Anda bisa tertipu dari keunggulan kamera yang menggiurkan, ditambah lagi dengan harga miring.

Apabila Anda ingin memulai Youtube, maka disarankan untuk mencari kamera yang cocok untuk vlogging sehingga kualitas video dapat maksimal. Perusahaan kamera pastilah menargetkan pasar untuk memasarkan produknya, ada yang memang menargetkan untuk kamera vlogging, adapula untuk kamera Photo.
Sekian banyak brand ataupun merk ternama berlomba-lomba mengeluarkan spek kamera yang fenomenal untuk kamera vlogging, terlebih lagi review Youtuber Kevin Hendrawan hingga sekelas Casey Neistat tentang perbanding berbagai macam kamera vlogging yang menarik untuk ditonton.

Merk seperti  Fujifilm, Nikon, Sony, Canon dan sejenis lainnya turut ikut serta untuk memenuhi pasar para Youtuber di berbagai penjuru dunia. Kini mari mengulas spek kamera yang populer dipakai, dan bukan sembarang kamera karena ada beberapa kriteria yang akan diulas renyah dan padat sehingga lebih mudah mencari kamera yang cocok untuk vlogging.

Sebelum lanjut mencari brand kamera yang cocok untuk vlogging, ada baiknya mengenal beberapa kriteria yang diulas, mari simak kriteria penting yang perlu jadi acuan :

1. PIKSEL DAN LENSA KAMERA
Era Sekarang, piksel kamera menjadi poin penting untuk menghasilkan kualitas video super sehingga pengunjung merasa nyaman untuk menonton sampai akhir video. piksel kamera populer yang dipakai para vlogger yaitu 24 megapiksel dengan lensa standar antara 15 - 55 mm (biasa disebut lensa KIT), yang nantinya menentukan panjang fokus dan masukan cahaya lensa, semakin kecil ukuran mm lensa tersebut semakin buram dan gelap gambar yang dihasilkan, karena minimnya cahaya yang masuk.

2. FLIP LAYAR DAPAT DILIPAT 180°
Dibanyak kasus vlogger tidak bisa merekam face ataupun body sendiri secara tepat karena layar tidak dapat dilipat keatas dan kebawah ataupun kesamping, adakalanya hanya bisa dilipat 45°, maka perlu mencari kamera yang layarnya memang dapat di FLIP sampai 180°, karena jika tidak, tentunya sulit untuk dipakai saat vlogging sendirian ataupun saat merekam acara konser.

3. EKSTERNAL MICROPHONE
Hanya beberapa brand kamera yang menyediakan microphone eksternal berikut layarnya dapat di flip. Kejelian salah satu kunci dalam memilah dan memilih kamera. Kadang terjadi kasus, eksternal microphone tersedia tetapi layar tidak dapat di flip atau sebaliknya. Sayang sekali udah beli mahal-mahal, ternyata spesifikasinya kurang lengkap.

4. GARANSI
Ada tiga garansi yang tidak diketahui orang banyak.

GARANSI DATASCRIPT
Garansi resmi yang merupakan penyalur langsung kamera atau service center dari perusahaan resminya.

GARANSI DISTRIBUTOR
Perusahaan penyalur kamera tidak bekerja sama dengan brand kamera, maka kejelian kembali menjadi poin penting dalam memilih distributor, apalagi jika ada proses klaim nantinya.

GARANSI TOKO
Lebih parahnya, tidak ditahui barangnya asli atau palsu karena toko penjual hanya sebatas mengeluarkan garansi toko dan tidak bekerja sama dengan service center brand tersebut. Pada banyak kasus klaim kesulitan karena toko penjual telah pindah atau memang gulung tikar.

5. KISARAN HARGA
Banyak sekali pilihan kamera, tapi yang sesuai keinginan dan isi kantong tentunya menguras tenaga dan pikiran untuk menentukan kamera vlogging yang dipilih, lalu besaran harga berapa agar mendapatkan kamera terbaik untuk vlogging?

Mengacu ulasan diatas, dari segi piksel, flip layar, microphone eksternal dan garansi yang sesuai untuk vlogging, ada baiknya Anda menyiapkan uang sebesara 5 Juta - 8 Juta rupiah.

Terimakasih telah membaca artikel Cara Memilih Kamera Vlogging, semoga Anda mendapatkan kamera yang memang sesuai dengan kriteria Vlogging seperti ulasan diatas.

Baca juga artikel menarik lainnya di haricerah.com.

Artikel Terkait

Cara Memilih Kamera Vlogging
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email